Rabo-rabo: Tahun Baru Berkeroncong Tugu

Siang benderang di utara Jakarta tak menyurutkan semangat warga Tugu menyambut tahun baru. Sebagai rangkaian dari perayaan natal—sekaligus mempertahankan tradisi leluhur yang berakar budaya Portugis—kaum Mardijkers Tugu bersiap untuk saling bersilaturahmi usai melakukan kebaktian di Gereja Tugu. Kegiatan rutin setahun sekali ini mereka sebut dengan Rabo-rabo. Diambil dari kata Rabo, yang dalam bahasa Portugis berarti ‘ekor’. […]

Continue Reading

Resolusi Tahun Baru Para Pejalan di #Travelmates01

Biasanya nih, setiap tahun mau berganti kita rajin menyusun resolusi tahun baru. Semua cita-cita dan harapan dirangkai sedemikian rupa biar tahun depan berjalan dengan tujuan. Tapi gimana jadinya ya, kalau yang bikin resolusi tahun baru itu para pejalan alias travellers? Seseru apa harapan mereka untuk tahun yang sebentar lagi berganti? Sssttt…biar nggak penasaran, sini deh, Doubletrackers bisikin bocorannya. Bersama I […]

Continue Reading

#jadibisa Berkereta Dengan Traveloka

Keakraban saya dengan kereta mulai terjalin erat sejak 12 tahun lalu. Ketika berkenalan dengan Turangga, dalam perjalanan panjang Surabaya-Bandung saat saya masih sekolah dulu. Meski awalnya sebal karena harus duduk bak ayam mengeram selama 12 jam, lambat laun saya menyukai duduk berdiam di kereta. Kenapa? Karena saya yang mulai dewasa, mulai memahami sisi romantisme bepergian […]

Continue Reading

Kandang Godzilla di Tebing Koja

Nggak ada di dunia ini yang bisa mengalahkan maunya dua orang kurang kerjaan. Mau sejauh apa pun jarak ditempuh, bakal tetap dilakoni juga. Percayalah. Seperti yang kami lakukan di liburan panjang beberapa minggu lalu. Bosan dengan hiruk-pikuk Jakarta, kami meluncur dari rumah di Kalibata ke…Tangerang :))) Naik apa? Sepeda motor. Gimana rasanya? Mati rasa, juragan! […]

Continue Reading

Yang Wajib Diicip Dari Kupang

Yang namanya jalan-jalan, bakalan kurang lengkap kalau nggak cobain makanan khasnya. Mau itu dimakan di tempat maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh, yang berbau-bau kuliner pastinya nggak boleh ketinggalan. Termasuk bila teman sejalan pergi ke Kupang. Lelah berkeliling menikmati pantai kotanya yang indah-indah, kalian nggak boleh melewatkan yang wajib diicip dari Kupang. Apa aja tuh? Ini dia! […]

Continue Reading

Denting Sasando di Oebelo

Sadar atau tidak, desain mata uang Rupiah telah membuat kita banyak belajar. Belajar mengenali pahlawan nasional, juga belajar mengenali seni budaya. Saya sendiri merasakan dampak tersebut. Karena gara-gara uang pecahan 5.000 yang beredar di tahun 90-an, saya jadi tahu nama danau Kelimutu dan sebuah alat musik tradisional NTT yang bernama Sasando. Namun hingga akhirnya dewasa, […]

Continue Reading

Siang Bolong Bengong di Tablolong

Baru sekali ke Indonesia Timur aja, saya udah dibikin gagal move on sama keindahan Kupang. Gimana kalau pergi ke tempat-tempat lainnya kayak orang-orang, ya? Jangan-jangan saya bisa sawan kebayang-bayang cakepnya pemandangan di sana. Gawat, nih~ Nah, berhubung saya memang masih nggak move on sama Kupang sampai hari ini, maka di postingan ini saya mau cerita perjalanan ke Kabupaten Kupang kemarin. Yoi, Kabupaten Kupang, cuy. Sama […]

Continue Reading

Banda Aceh: Kopi, Mie, dan Masjid

Aceh, khususnya Banda Aceh, sudah lama terkenal sebagai Bumi Serambi Mekah. Selain itu, beragam peradaban yang dibawa oleh kerajaan-kerajaan yang tumbuh di sini tak pernah absen menghiasi sejarah perkembangan nusantara. Namun di sisi lain yang lebih humanis, Banda Aceh juga memiliki cerita lain dibalik kemegahan kotanya yang pernah menyimpan duka atas tragedi tsunami 2004. Sisi […]

Continue Reading

Pesona Kupang dan Budaya Lontar

Nggak kaget kalau orang pada ramai bilang Indonesia timur itu eksotisnya kebangetan. Because that’s so true. Nggak usah yang jelas-jelas lagi naik daun kayak Raja Ampat, Kei, Ora, atau Padar. Kota yang satu ini—KOTA loh ya—pemandangannya udah bagus banget. Duh, berhubung norak adalah hak segala bangsa, maka sorry to say, untuk jalan-jalan yang kali ini […]

Continue Reading

Menyusuri Liku Batavia Via Molenvliet

Cerita jalan-jalan ini kembali bersama Jakarta Good Guide. komunitas walking tour Jakarta dengan beragam rute pilihan yang bisa kamu pilih sesuai minat. Plus bayarnya pun as you wish tergantung kepuasan kita terhadap pemandu. Dan kali itu, kami memilih bergabung dalam rute Molenvliet. Sebab penasaran dan namanya unik di telinga. Mungkin nggak cuma saya yang bakal kesulitan kalau disuruh mencari kawasan bernama Molenvliet di […]

Continue Reading