Alas Purwo, Nggak Cuman Plengkung

Siapa yang pernah denger nama Plengkung? Aku berani taruhan yang kenal nama ini kalau nggak bule ya surfer. Yoi, Plengkung atau G-land yang ada di wilayah Taman Nasional Alas Purwo ini beken karena jadi destinasi selancar yang terkenal di dunia loh. Bahkan termasuk yang terbaik di dunia.

IMG_1541
Jalanan menuju Trianggulasih

Aku sendiri (Hening) udah dua kali ke Alas Purwo. Cuman bukan ke Plengkungnya. Rentang 2009 dan 2012, aku ke Alas Purwo di kawasan Trianggulasih, Savana Sadengan, dan Pancur. Aku kesini ikutan teman-teman latihan penelitian lapangan. Hahaha. Jurusan yang kuambil memaksaku berkeliaran di hutan gini, nih sodara.

Jadi ceritanya waktu aku ke Alas Purwo baik di kali pertama dan kali kedua semuanya lewat pintu masuk pos Rowobendo. Setelah itu kami menuju ke resor Trianggulasih. Di resor ini ada beberapa pondok yang disediakan untuk pengunjung. Posisinya berhadapan langsung sama pantai selatan Pulau Jawa. Kebayang kan gimana gede ombaknya?

IMG_3291
Ombak besar di Pantai Trianggulasih, dekat kami penginapan kami bermalam
IMG_1566
Bisa lihat senja dan tentunya dapat sinyal. hahahaha

Paling enak di Trianggulasih ini adalah waktu sore-sore menjelang senja. Kita bisa ketemu sama Elang Laut Perut Putih (Haliaetus leucogaster) yang lagi soaring cari mangsa. Keren banget gerakan dia waktu nukik ngambil mangsanya di balik deburan ombak pantai selatan. Kekerenan itu meningkat dengan background langit senja dan matahari terbenam. Mantafff…

IMG_3356
Elang Laut Perut Putih yang selalu beratraksi ambil mangsa di laut

Biasanya dari Trianggulasih aku dan teman-teman jalan kaki menuju Pantai Pancur atau Savana Sadengan. Keduanya berjarak masing-masing sekitar 3 km dari Trianggulasih.

FYI, selama perjalanan ini aku nggak sekedar treking. Tapi sambil pengamatan burung. Iya, aku udah pernah nyebutin belum sih aku sempat nekunin bidang birdwatching? Dan burung-burung di Alas Purwo ini keren banget! Disalah satu jalur birdwatching trail kita sempet ketemu sama juvenil (anakan) Elang Jawa alias Nisaetus bartelsi yang jadi simbol negara kita tercinta ini.

431453_2646723527394_1493299607_n
Pos Pantau di Savana Sadengan

Aku ceritain soal Pancur dulu yah. Mirip sama trainggulasih, dia juga menghadap ke pantai selatan. Bedanya, bibir pantainya nggak sejauh Trianggulasih. Dia cenderung langsung berhadapan sama pantai. Disini juga ada Goa Istana dan banyak orang nyepi di dalamnya. Yang aku paling suka dari Pancur ini ada di hutan mangrove yang membentuk semacam air terjun pendek. Keren aja liatnya.

IMG_3827
Hutan air terjun yang dimaksud. Favorit karena teduh dan semilir

Oya, di Pancur juga aku bisa ngambil gambar burung bernama Takur Tenggeret alias Megalaima australis dalam jarak dekat. Bahkan Kangkareng Perut Putih (Anthracoceros albirostris) juga bisa kuambil gambarnya tanpa susah payah. Lah gimana, lagi enak-enak duduk di masjid dia yang nyamperin aku. Nggak perlu pakai DSLR. Cukup sama poket. Kece….

IMG_3956
Takur Tenggeret yang cantik tapi berisik matuk- matuk dahan
IMG_3576
Kangkareng Perut Putih yang suaranya kayak orang ketawa

Pindah ke Savana Sadengan, kita bakalan jauh-jauh sama yang namanya pantai. Hamparan hijau disini bener-bener nyegerin mata. Kita bisa naik ke pos pantaunya dan ngamatin tingkah laku satwa. Nyenengin banget pengamatan dari atas menara pantau ini.

IMG_1743
Savana Sadengan yang ijo royo- royo

Kawanan Banteng (Bos javanicus) bisa kita liat lagi asik merumput. Sekawanan Merak Hijau (Pavo muticus) dan Bangau Tong-tong (Leptoptilos javanicus) juga keliatan asik seliweran disini. Bahkan kalau beruntung kita bisa liat aksi si Elang Ular Bido (Spilornis cheela) yang terbang rendah nyari mangsa. Asli, lagaknnya mirip ayam lagi matok-matok cacing.

IMG_3688
Paok Pancawarna yang lucu dan ginuk- ginuk
IMG_3529
Ini bangau loh. namanya Bangau Tong-tong
IMG_3592
Elang Ular Bido alias Spilornis cheela sedang mencari mangsa di savana

Seru banget maen-maen ke Alas Purwo. Cobain mampir kesini lain waktu sambil ngelakuin birdwatching kayak aku. Hehehe. *promosi*

IMG_3626
Let’s go birding!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *