Menyelam Sejarah di Monkasel

Hayooo, yang di Surabaya udah pada kesini belom? Biasa sih yang jaman SD-nya di Surabaya pasti rajin banget sowan kesini waktu itu. Sama dong sama kita berdua. Nah, ceritanya Januari kemaren kita sempet tuh maen ke Plaza Surabaya (Delta Plaza) lokasi dimana Monkasel (Monumen Kapal Selam) berada. Itung-itung nostalgia, kita pun spontan nyambangin Monkasel. Masih sama nggak yaaa sama terakhir kesana? 🙂

FYI, Monkasel ini bukan replika, loh. Tapi asli dari eks- armada KRI Pasopati 410 yang dibuat di Rusia tahun ’52. Kapal selam jenis SS Whiskey Class ini dibuat di Rusia dan sudah bergabung sama Angkatan Laut Indonesia tahun ’62. Salah satu perang yang pernah diikutinya adalah Operasi Trikora.

Ayo ke Monkasel
Ayo ke Monkasel!

Sejak dia pensiun, kapal ini dicanangkan pemerintah Surabaya sebagai salah satu ikon wisata yang mudah diakses dari berbagai sudut Kota Surabaya. Pertama kali mulai dibangun sebagai monumen tahun ’95 dan bisa dinikmati umum tahun ’98.

IMG_3090
Ruang Torpedo Haluan

Monkasel di masa jayanya terdiri dari tujuh ruangan, yaitu Ruang  Haluan Torpedo, Ruang Komandan, Pusat Komando, Ruangan Awak Kapal, Ruangan Mesin Diesel, Kamar Mesin Listrik, dan Ruangan Torpedo Buritan.

IMG_3119

IMG_3111
Cek dulu apa ada musuh di permukaan?

Nggak cuman berfungsi sebagai monumen dan ikon sejarah, Monkasel juga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai event. Mulai dari band-band-an sampai nikahan. Fasilitas yang ada disekitar Monkasel nggak cuman video rama aja, kolam renang pun ada! Hehehe… minat?

IMG_3063
Kolam renang untuk anak- anak di dalam area Monkasel

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *