Main Ke Kampung Si Pitung di Setu Babakan

Namanya juga trackers kalo nggak nyasar atau di luar planning mesti ada aja deh tujuannya.

Siang itu aku sama Dimas nyari jalan ke Cimanggis. Maklum, aku sama sekali buta jalan kesana dan Senin-nya aku harus in-charge disana.

Pulang dari cari jalan, kita sempet diem di pinggir jalan. Mikir mau kemana dan ngapain enaknya. Berhubung nggak nemu-nemu ide, kepaksa mikirnya dibawa sambil jalan.

D  : “Ke Mekarsari, Neng?”

A  : “Kejauhan kali, A. Ke Ragunan gimana?”

D  : (mikir) “Hm… liat ntar deh”

Mendekati daerah Srengseng Sawah, nggak sengaja kebaca plang bertuliskan Kampung Budaya Betawi Si Pitung (kalo ngga salah tulisannya gitu). Langsung terbesit ide. “A, gimana kalo kesana?”, tunjukku ke Dimas. Nggak pakai mikir, Dimas langsung belokin motor sesuai arah di plang. Gila nih orang, bener-bener deh.

Si Elsa, belalang tempur jagoan kami pun langsung blusukan kedalam jalan-jalan yang kian sempit. Beberapa kali kam,i dibuat nggak yakin sama plang penunjuk arah itu. Soalnya nggak sampai-sampai atau at least ada penanda apa gitu kek, yang bikin kami yakin kalo kami nggak salah jalan.

“Ya kalo salah jalan, pulang balik,” kata Dimas entang. -____-“

Bener aja, kami ketemu gapura gede yang dibangun dengan ala -ala Betawi. Tulisannya Pintu Masuk I Bang Pitung Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Ha… Alhamdu? Lillaahhh~ hehehehehe…

Tapi memang deh, kalo udah berhasil itu nggak boleh seneng dulu. Soalnya ini kampung ngerjainnya nggak cukup sampai disitu. Di dalemnya pun kita kesasar-sasar malah masuk kampung penduduk. What the….

Satu hal yang bikin kami pinter mendadak di tengah sasar menyasar itu, adalah mengingat kalo Setu berarti Danau. Dan berarti, kita harus ketemu sama Setu! Yak, kami muterin kampung buat nyari sesuatu yang berkilau-kilau di kejauhan. Apalagi kalo bukan pantulan air danau dari Setu Babakan itu sendiri.

Dan HOREEE! Berhasil! Berhasil! Hore! Kita ketemu sama jalan menuju Setu Babakan *menangis haru*

img_5728
Berlatar pemandangan Setu Babakan

 

Hal pertama menarik kami begitu sampai di kawasan Setu. Bukan, bukan tiket parkirnya, melainkan petugas parkir dan keamanannya. Mereka pakai baju ala Betawi lengkap. Kebayang kan, baju semacam beskap hitam-hitam sama blankon Abang Betawi plus sarungnnya? Kece banget deh.

Dalam Kampung Wisata ini juga nggak kalah kece. Di area Setu sendiri disediakan wahana sepeda air yang ramenya pengantre ngalahin antre WC umum. Sementara disekeliling Setu berderet pedagang makanan khas Betawi. Apalagi kalo bukan Kerak Telor, Selendang Mayang, Bir Pletok, and so on…

img_3151
Pedagang Rujak Bebeg yang seger banget

 

img_5707
Penjual Rambut Nenek yang diapit Simping

 

img_5735
Es Goyang. Es tradisional yang ngelepasnya dari wadah kudu digoyang dulu hehe

 

img_5736
Makan Toge Goreng itu ditambah ketupat dengan saus kacang. Sedap dan mengenyangkan

 

P
Nggak perlu diperjelas lah ya ini. Semua yang berbau- bau Betawi selalu ada dia. Enak gurih- gurih nyoy!

 

Alternatif lain yang bisa kita lakuin disini selain makan dan maen sepeda air ya naik delman. Atau kalo lagi beruntung, kita bisa nikmatin sajian pertunjukan wisata disini. Kayak misalnya tari-tarian atau musik khas Betawi. Waktu kita kesini malah lagi ada syuting film. Entahlah mungkin itu syuting Si Entong season 10. hehehe…

img_5673-copy
Enak naik delman atau….

 

img_5676
Ikut nimbrung jadi figurannya figuran di syuting yang satu ini? :))) #dilema

 

Jangan kuatir bakal mati gaya disini, nikmati atmosfernya, cintai budayanya. Sebagai pendatang di Jakarta, aku sangat menikmatinya. Bukannya dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung? 😉

IMG_5704

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *