Syuting Film Silat di Hutan Bambu Sukolilo

Jangan nyari nama Sukolilo di Jakarta. Nggak akan nemu. Karena cerita kita ini soal sebuah tempat di Surabaya, kampung kami di sanah.

Jadi, dalam sebuah mudik singkat, saya yang kakinya selalu gatel jalan, nyoba cari hal baru dari kampung halaman.

Dan ide dateng dari temennya adek saya yang cerita soal hutan bambu di kawasan Sukolilo, Surabaya

Gokil gak di Surabaya yang hot-hot pop ini ada hutan? Kebayang deh hutan-hutan sejuk pakai angin semilir diantara rimbunnya bambu. Beh…

Dan meluncurlah di siang bolong berupa saya, si adek, temennya si adek, dan temennya lagi ke Sukolilo. Tempat “yang katanya hutan bambu” tadi berada.

 

Apa itu Sukolilo?
Bolehlah teman pejalan tanya di Mbah Gugel. Singkatnya, ini tempat adalah salah satu kecamatan di Surabaya. Tempat bercokolnya institut teknologi terkemuka di Indonesia yang bernama ITS itu.

Nggak jauh dari kampus tenar yang ijo royo-royo itu, konon dulu ada sebuah TPA. Bukan Taman Pendidikan Alquran ya, melainkan Tempat Pembuangan Akhir. Nama TPA itu adalah TPA Keputih di Sukolilo.

Namun, atas satu dan lain hal pertimbangan dari ibu walikota tercinta, TPA itu pun dialihkan dan berubah fungsi jadi sebuah taman.

Bukan taman sembarang taman. Tapi 2 taman cantik yang bisa jadi jujugan warga beraktivitas. Ialah Taman Sakura dan si Hutan Bambu tujuan kami ini.

Sampai di Hutan Bambu yang dimaksud, kami cuma bayar parkir sejumlah goceng. Masuknya mah gratis.

Yang disebut Hutan Bambu ini memang ga bisa dibilang hutan sih. Lebih kayak lapangan kecil yang dihijaukan dengan sederetan bambu-bambu.

20150816_121630
Rimbunnya Bambu di Hutan Bambu Sukolilo

 

Banyak banget pasangan-pasangan foto prewed. Atau pasangan-pasangan foto unyu. Juga sekumpulan cewek-cewek yang heboh selfie sana sini. Ini menarik sih buat rombongan kami. Soalnya kita bisa nyalurin naluri iseng dengan melakukan photo bomb! Hekekeke… Oya, ada yang bilang kalau hutan bambu  Sukolilo ini terinspirasi dari Hutan Bambu Sagano, Jepang loh! Jadi yang belum pernah ke Jepang, boleh lah yaa… mampir kesini dulu :p

Kalau bosan main di Hutan Bambu, kita bisa tinggal nyebrang aja ke Taman Sakura yang ada di depannya. Jangan bayangin taman dengan bunga sakura Jepang itu ya. Ini hanya sebuah taman kecil yang cocok dinikmati sambil senam-senam di pagi hari bersama keluarga. Dan lahannya juga masih bekas TPA yang tadi disebutkan.

20150816_121006
Taman Sakura yang berseberangan dengan Hutan Bambu

 

20150816_120648
Salah satu spot di Taman Sakura

 

20150816_120352
Cantiknya bunga- bunga di Taman Sakura

 

20150816_120733
Lahan kosong yang sedang di garap

 

Belum terlalu banyak yang bisa di eksplor di Hutan Bambu ini dan Taman Sakura selain spotnya yang ya… bisa dibilang menarik lah buat foto-foto. Lagian, di beberapa sisi masih dalam tahap perbaikan. Kalo temen-temen perhatikan, kita masih bisa liat lahan bekas TPA yang lagi digarap buat jadi taman tepat di belakang Taman Sakura.

Nah, gimana? Kadang, buat buang sepet itu nggak selalu jauh kok. Cukup punya niat buat buka pintu rumah 🙂

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *