Tebing Kraton, Tebing Ter-Instagram-able

Kekuatan sosmed alias sosial media emang juara. Didukung kecanggihan gadget, nggak ada yang nggak bisa dibagi.

Bayangin, sekarang virus jalan-jalan cepet banget menjangkit anak-anak muda. Nggak sulit nemuin pejalan gaul kekinian di tempat-tempat wisata. Nggak sulit nemuin travel blogger, dari kelas pro sampe yang nulis alakadar (kayak kami).

IMG_3356
Legonya ga mau kalah kekinian

 

Nggak sulit nemuin akun instagram dengan pose-pose kekinian dan tempat-tempat yang adorable. Contohnya, kamu bisa pose liat bawah sambil megang tas atau pose tangan kepal keatas diatas batuan cadas sambil nantang matahari. Meskipun nggak ngerti maksudnya, pokoknya kalau gaya gitu mah keren we lah~

Pokonya apapun posenya, selalu ati-ati. Salah-salah bukan jadi posting, tapi nongol di bagian orbituari kan nggak seru.

Nah, ngomongin soal pose seru di tempat yang juara, di Bandung juga lagi ada yang hits dikalangan penggiat medsos, khususnya instagramers. Namanya Tebing Kraton. Coba aja search di Instagram nama itu, pasti akan banyak muncul foto-foto kece orang-orang di ujung tebing. Dari tatapan optimis kayak lagi menatap masa depan, sampai galau bin ajaib kayak lagi menatap masa lalu.

Kami yakin sih, temen-temen udah tau soal kekerenan tempat ini. Buat yang belom, cobalah kalau ke Bandung mampir kesini.

Sekitar 3 bulan lalu, kami berdua main ke Tebing Kraton. Jalannya memang agak susah kalau bawa mobil. Lebih enak motor karena bisa sampai langsung di lokasi. Ga perlu jalan lagi.

Sedikit saran. Buat yang bawa motor sampai Tebing Kraton, pastiin kondisi motor kamu prima dan berpengalaman. Tanjakannya lumayan, Gan!

Tebing Kraton sendiri adalah bagian dari Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda yang ada di Dago sana. Tepatnya ada di Desa Ciburial. Jadi pastilah tempat ini dingin adanya. Sekaligus viewnya yang jelas instagramable kemana-mana. Kefotogenikan itulah yang bikin tebing ini jadi kekinian.

Buat temen-temen yang mau kesini, sekarang udah banyak info perjalanannya kok di internet. Bahkan dari GMaps dan Waze pun sudah bisa dicari 🙂 Beberapa paket travel agent yang menawarkan One Day Trip ke Bandung juga mulai banyak yang merangkai tur kesini.

Waktu kami ke Tebing Kraton waktunya nggak terlalu pagi banget. Cuman kalau mau ngejar sunrise, pastinya habis solat subuh kudu langsung cus. View pagi saat sunrise bisa teman-teman lihat di travel blognya http://pergidulu.com 😀

Sekarang ke Tebing Kraton ga perlu kwatir dipalakin warga sekitar buat HTM karena sudah pakai tiket masuk resmi. Soalnya pengelolaannya langsung oleh Perhutani. Kalo nggak salah 11 ribuan per orang. Tapi tarif parkir motor mah tetep pungutan warga sekitar lah. Nggak lebih dari goceng kok.

IMG_3413
Masuk ke Tebing Kraton

 

Beda sama tempat-tempat tinggi lain di Bandung, kita nggak akan liat view Kota Bandung disini. Yang ada malah hamparan ladang dan persawahan yang hijaaaaaaauuuu kayak permadani. Ini baru namanya cuci mata!

IMG_3347
Hijauuuuuu

 

IMG_3367

 

Eh lha kok pas lagi seru-serunya foto-foto, saya lihat selintas lewat sesosok bernama BURUNG! Bukan burung Kutilang atau Emprit ya. Tapi sesosok Alap-alap. Ah, langsunglah insting birdwatcher saya keluar.

IMG_3402

Buat yang belom tau, Alap-alap Sapi atau Falco moluccensis yang saya temui kemarin ini termasuk dalam keluarga Falconidae. Keluarga falcon memang terkenal sebagai pemburu yang berkemampuan terbang sangat cepat. Macam elang versi mini. Ia menyukai habitat di dataran tinggi yang terbuka. Dan dia suka sekali tinggal di tebing- tebing.

 

Cukup lama saya matengin si falcon berbadan loreng ini. Ternyata jumlahnya ada dua. Lagi pada nangkring tepat di batuan nggak jauh dari tempat saya berdiri. How cute!

Nah, terlepas dari pemandangan indah yang memanjakan mata, dan dua falcon tadi, sempat juga kami bertanya-tanya asal usul nama tempat ini yang masih misteri.

Konon dinamai Tebing Kraton karena si pemberi nama (soerang penduduk sekitar) lagi “dibisikin” sama yang “nunggu”. Kabarnya ini kraton sosok-sosok penunggu disana. Ada juga yang bilang nama ini berhubungan dengan pemandangan alamnya yang indah itu. Haiya… whateverlah. Pokoknya tempat ini apik pol!

Saran lagi dari kami buat yang mau ke Tebing Kraton. Selalu jadi responsible traveler. Buanglah sampah pada tempatnya bagi kamu yang sengaja piknik bawa cemilan cemilun kesini. Sampah yang nggak kamu bawa turun bakal nutupin keindahan Tebing yang super ketjeh ini. Saat disana kemaren, kami cukup menyayangkan banyak sampah cemilan bertebaran. Nggak cocok banget sama usia tebing yang baru aja naik daun ini.

Buat yang suka selfie, wefie, apapun namaya, plis banget inget-inget soal safety first. Kadang kita ga sadar saking serunya foto sama temen pake si tongsis, kita ga liat pijakan di belakang.

Inget, kalian lagi ada di tebing. Sekali salah pijak, bisa kepelanting.

Tapi alhamdulillah, Tebing Kraton sekarang sudah dipagari. Meskipun tetep nggak menghalangi pejalan gaul buat ngeloncatin pagar demi selfie kekinian. Huft.

Sangat kami anjurkan agar kawan-kawan pejalan nggak melewati pagar itu demi keamanan. Ingatlah bahwa ini tebing dan ada kemungkinan longsor kalo kalian melangkah semakin maju. Bentukan tanahnya pun lembut semi berpasir dan mudah amblas. Bikin licin kalau berpijak ke batuan. Kan nggak lucu juga mau foto keren malah kepleset ke bawah? 🙁

IMG_3412
Ckckckc kelakuan…

 

Berada di dalam pagarnya pun tetep bikin foto kalian keren kok. Haqqul yaqin! Jadi, selamat berjalan-jalan dan jadilah responsible traveler 🙂 Percuma fotonya masa kini tapi travelernya… masa gitu.

IMG_3360
Cheers!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *