Doubletrackers Playlist: JATUH CINTA DENGAN JAKARTA

Many people say that Jakarta, our beloved capital city, is more vicious than a stepmother. Saya pribadi sih nggak setuju. Kenapa juga harus ibu tiri itu dianggap kejam? Banyak kok yang baik. Sama halnya dengan Jakarta. Kenapa harus dianggap jaHAP? Bahkan lebih dari itu. Padahal, ada banyak sisi Jakarta yang bisa bikin kita jatuh cinta.

Behind its imperious figure, Jakarta has million sides that could make your heart melt like butter over the stove. Yakin deh. Apalagi kalau sudah bicara perasaan. Jakarta yang ternyata bisa bikin jatuh cinta justru mampu bikin baper maksimal. Karena kalau nggak, musisi- musisi keren ini nggak bakalan menuangkan kisah perasaan mereka yang berkaitan dengan Jakarta menjadi lagu sadis begini.

Like someone said that each place has a song of its own, begitupun dengan Jakarta dan kisah- kisah cintanya. Hm… before you tell us your playlist that describes love and Jakarta the most, we will tell you first . Check it out!

 

1. Antara Anyer dan Jakarta- Sheila Majid

Lagu ini legend banget lah. Siapa yang nggak kenal: “Antara Anyer dan Jakarta kita jatuh cinta… Antara Anyer dan.. Jakartaaaaa….”

Tanya bapak sama ibumu kalau nggak tahu lagu racikan Om Oddie Agam ini. Bercerita tentang cinta pada pandangan pertama (diduga pas liburan di Anyer gitu ya?) yang berakhir sedih dan bikin susah move on. Agaknya prinsip quote “distance will teach you how far love can travel nggak berlaku ya, meski cuma sejengkal Anyer dan Jakarta. Hehe.

 

2. Tunggu Aku Di Jakarta- Sheila On 7

For me, Tunggu Aku di Jakarta by SO7 is something that reminds me of Jakarta. Simply because it used to be my ‘national anthem’ when went into LDR with Dimas several years ago. Haha. Beside, we grew up with this song. Dari penjelasan saya barusan, nggak perlu disebut kan lagu ini mendeskripsikan apa?

 

3. Jakarta Ramai- Maudy Ayunda

Dengerin lagu ini memang cocok banget sambil desek- desekan di KRL kayak di video klipnya. Asal jangan dengerin di Kopaja atau Metromini. Seriusan. Karena selain lebih rawan copet, lagu syahdu ini bakal kalah saing sama “house remix” babang sopir busnya.

Maudy Ayunda cukup cerdas menggambarkan kesan hati yang lelah setelah kerja keras mengejar cita- cita di dalam lagu ini. Bisa jadi kisah cinta adalah salah satu cita- cita itu.

4. Forget Jakarta- Adhitia Sofyan

Karena nggak semua kisah cinta manis- manis, Adhitia Sofyan menuangkan ceritanya dalam nada miris.

“And i put all my heart to get to where you are. Maybe it’s time to move away. I forget Jakarta, and all the empty promises will fall. This time, i’m gone to where this journey ends.”

Hiks.  Ditambah petikan gitarnya yang sadis menggelitik jiwa, makin bikin separuh hati hanyut kemana tau, deh.

Saran saya, jangan di dengar pas lagi hujan. Nanti yang ada malah hujan airmata.

 

5. Matraman- The Upstairs

Perjuangan mendekatkan yang jauh dibawakan lagu The Upstairs satu ini. Beda sama lagu Antara Anyer dan Jakarta, Jimi Mulhtazam (frontman The Upstairs), bisa dengan baik mengamalkan quote yang tadi saya sebut di atas. Haha.

Lagu ini mewarnai masa SMP-SMA saya karena anak-anak laki di sekolah sering banget nyanyiin sepenggal reff di lagu ini.

“Kan kupersembahkan sekuntum mawar. Aku di Matraman, kau di Kota Kembang.”

Itu aja terus diulang-ulang nggak sampe selesai. Gengges sih. Tapi jadi sekarang malah memorable. Oya lagu ini jadi salah satu lagu terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone Indonesia urutan ke- 130, loh.

 

6. Di Bawah Langit Ibu Kota- Vidi Aldiano

Nah buat yang menemukan cinta di Jakarta, atau lagi jatuh cinta berbunga- bunga di Jakarta, lagu Vidi ini cocoklah. Mendengarnya bikin ikut senyam- senyum sendiri membayangkan jatuh cinta yang bikin muka gebetan dimana-mana. Mau makan, teringat padamu, mau tidur teringat padamu, eh… malah nyanyi Evie Tamala….

 

7. Jakarta- Glenn Fredly

Senada sama Forget Jakarta- nya Adhitia Sofyan, cerita cintanya Glenn Fredly satu ini merana di Jakarta. Penuh kangen- kangen yang nggak kesampaian. Sampai akhirnya kisah cinta itu berakhir di Jakarta. Bukan lagi di Januari.

 

8. Sore Sebelum Hujan- Nissan Fortz

Ceritanya memang bukan tentang Jakarta. Kisah cinta macam ini akan selalu ada di setiap kota. Tentang remaja yang jatuh cinta dan bagaimana mereka melewatinya dengan malu- malu, manis, dan sederhana. Jakarta Cuma salah satu kota yang menjadi saksi bisu jatuh cinta seperti itu.

Dibawakan dengan irama pop blues, lagu ini membawa semangat ‘gemas- gemas remaja’ ke siapa aja yang mendengarkan.

 

9. Konservatif- The Adams

Ish…selain jadi Rangga, Nicolas Saputra juga mencuri hati sebagai Joni pada film Janji Joni loh. Pada masanya, film keren itu bersanding juga dengan lagu cinta anti-mainstream ini. Cocok buat mewakili deskripsi kisah Joni dan Angelic di film tersebut.

Siang kusaksikan engkau terduduk sendiri. Dengan kostummu yang berkilau. Dan angin sedang kencang – kencang berhembus di Jakarta”

Jangan kaget mendengar liriknya yang kena tapi nggak basi. Lagi- lagi ada campur tangan Joni Mulhtazam- nya The Upstairs. Lagi- lagi pula, lagu ini masuk daftar lagu terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone Indonesia urutan 136.  Dan lagi- lagi, saya beruntung tumbuh remaja ditemani lagu ini. 🙂

 

10. Kisah Dari Selatan Jakarta- White Shoes and The Couple Company

Ditutup dengan lagu nuansa vintage dari WSTCC, nggak ada salahnya dengerin lagu ini sambil nebak- nebak jalan ceritanya. Maklum, liriknya memang cukup bikin mikir.

Jika ada yang bertanya, oh ini kisah tentang apa, maafkanlah oh sungguh pun hamba tak kuasa (baiknya duduk manis saja, simak hamba bercerita) dan tak perlu tuan tanya. Hamba tak akan pernah mampu menjawabnya…

Udah di jawab ya, kisah ini bercerita tentang apa sama penyanyinya. So, you just need to sit back, relax, and listen! Because after this, it’s your turn 🙂

 

You may also like

2 Comments

  1. Hmm i think you forget one song,
    Banda Neira- Senja di Jakarta
    Lagunya enak, dan pas didengerin pas macet mau pulang ke rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *