Resolusi Tahun Baru Para Pejalan di #Travelmates01

Biasanya nih, setiap tahun mau berganti kita rajin menyusun resolusi tahun baru. Semua cita-cita dan harapan dirangkai sedemikian rupa biar tahun depan berjalan dengan tujuan. Tapi gimana jadinya ya, kalau yang bikin resolusi tahun baru itu para pejalan alias travellers? Seseru apa harapan mereka untuk tahun yang sebentar lagi berganti? Sssttt…biar nggak penasaran, sini deh, Doubletrackers bisikin bocorannya. Bersama I […]

Continue Reading

#jadibisa Berkereta Dengan Traveloka

Keakraban saya dengan kereta mulai terjalin erat sejak 12 tahun lalu. Ketika berkenalan dengan Turangga, dalam perjalanan panjang Surabaya-Bandung saat saya masih sekolah dulu. Meski awalnya sebal karena harus duduk bak ayam mengeram selama 12 jam, lambat laun saya menyukai duduk berdiam di kereta. Kenapa? Karena saya yang mulai dewasa, mulai memahami sisi romantisme bepergian […]

Continue Reading

Menyuarakan Musik (Daerah) Indonesia di Benua Biru

Menyerahkan tema #MendadakNgeBlog minggu ini kepada Zaki, teman kami si wartawan musik satu itu, rasanya agak bencana. Selain temanya sudah pasti tentang musik, ruang geraknya pun dia buat spesifik lewat subtema ‘Menyelamatkan Musik Indonesia’. Sial. Doubletrackers yang isinya jalan-jalan jadi agak ruwet dibikinnya. Mau bahas playlist, tapi kok aksinya kurang heroik. Nggak ada ‘misi penyelamatan’-nya, […]

Continue Reading

Birdwatching: Hobi Lama Yang Masih Kurang Nama

Terimakasih buat pasangan narrationology.wordpress.com buat ide #MendadakNgeBlog #2 yang dekat dengan ‘dunia’ saya ini. Saya jadi punya alasan bercerita soal kegemaran saya ngintip burung. Ngintip bukan buat membidik apalagi nyolong peliharaan tetangga, loh ya. Ngintip yang ini justru karena saya cinta sama kehidupan satwa di alam liar 😀 Birdwatching—nama kegiatan ini—saya kenal sejak 2009. Meski […]

Continue Reading

Ubahsuai Bahasa. Penolong Pertama Dalam Kegagapan Pergaulan

Ada istilah dalam bahasa Inggris yang kita kenal dengan culture shock. Bagi teman yang belum mengenalnya, istilah ini diperuntukkan bagi kondisi dimana kita merasa gagap atau canggung terhadap budaya lain yang berbeda dengan budaya kita. Termasuk di dalam budaya itu adalah soal bahasa. Nggak usah jauh-jauh menengok kebingungan kita beradaptasi bahasa saat di luar negeri. […]

Continue Reading

#mendadakNgeBlog Blogging Challenge

Suka menulis? Punya blog? Merasa generasi kreatif dan inspiratif Indonesia? Yuk, gabung dalam tantangan kreatif blogging #MENDADAKNGEBLOG. APA ITU #MENDADAKNGEBLOG Sebuah tantangan ngeblog tematik berjangka yang mampu mengasah kreatifitas teman-teman blogger. Ide ini digagas oleh teman-teman eks-jurnalis sebuah halaman anak muda salah satu media cetak nasional. Bertepatan dengan Hari Blogger Nasional 2016, mereka berpendapat mengapa […]

Continue Reading

Kereta Ekonomi Jakarta-Bandung: Siapa Hendak Turut

Jalan naik kereta selalu punya ceritanya. Kayak perjalann saya kali ini. Gara-gara harus ke Bandung, saya dan suami kehabisan tiket kereta bisnis juga eksekutif yang biasa kami beli kalau ke Bandung. Jadilah kereta ekonomi sebagai pilihan. Awalnya sempat ragu kalau ingat punya pengalaman nggemesin naik kereta ekonomi terakhir kali. Itu juga sekitar 4-5 tahun lalu […]

Continue Reading

Apologize Us

Hello readers! Dua pejalan yang acara jalan-jalannya biasa aja ini datang kembali setelah lama hibernasi. Kemana aja mereka sekian lama? Di sela keseriusan mereka bekerja, mereka masih sempat mewawancarai diri mereka sendiri. Seperti apa wawancara langka tersebut? Main ngilang aja ini anak dua kayak jin. Sibuk apa sih? Kita lagi total dan loyal-loyalnya sama kerjaan. Misinya […]

Continue Reading

TuaN Baluran

Dear Hening Swastikaningrum, Tlah kutinggalkan sebagian hatiku disana, di tempat yang kamu anggap rumah kedua. Africa van Java, atau versiku, Africa van Cinta. Hehehe.. Kenapa? Karena.. ..aku jatuh cinta pada hamparan savana sejauh mata memandang, dan Gunung Baluran yang menjulang di belakang. ..aku jatuh cinta pada kicauan burung yang seolah menyambutku dengan riang, juga pada […]

Continue Reading

Bingung Gara-gara Elsa Buntung

Elsa itu nama motorku. Eh ralat, motor peninggalan bokap. Nama lengkapnya El Salvador. Nggak ada alasan khusus sih kenapa dinamain El Salvador. Kedengaran sangar dan laki aja, kayak yang punya (dalam hal ini bokap maksudnya). Selain itu, kedua motorku yang lain juga bernama dengan awalan El. El Diablo (punyaku) dan Elisabeth (punya adekku). Hahahaha. Tapi […]

Continue Reading